Scholarship to Help You Achieve Your Career!

Saat ini Pemerintah Indonesia bekerjasama dengan berbagai instansi untuk meningkatkan ekosistem kesehatan bangsa, secara lebih merata. Salah satu strateginya adalah dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa kedokteran dan dokter spesialis untuk menjadi SDM Kesehatan yang lebih mumpuni.

Kali ini Batik Sejawat akan memberikan beberapa pilihan beasiswa yang bisa TS ikuti.

FELLOWSHIP DOKTER SPESIALIS DALAM DAN LUAR NEGERI

Pada 8 Mei lalu, Kementerian Kesehatan dan LPDP meluncurkan beasiswa fellowship untuk layanan kanker, jantung, stroke, uro-nefrologi, dan KIA di berbagai bidang peminatan. Program ini dibuka sepanjang tahun dengan masa studi bervariasi dari 3 hingga 24 bulan. Ada 16 negara tujuan fellowship di luar negeri, diantaranya adalah Amerika Serikat, Australia, Inggris, Korea Selatan, Jerman, dan lainnya.

Lebih lengkapnya silakan cek di https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20230508/0942924/kemenkes-lpdp-kemenkeu-luncurkan-beasiswa-fellowship-dokter-spesialis-dalam-dan-luar-negeri/

CHEVENING SCHOLARSHIPS AND FELLOWSHIP

Program Beasiswa Chevening asal Inggris ini, menawarkan kesempatan berharga untuk generasi muda agar bisa melanjutkan studinya di negaranya. Chevening akan mendanai seluruh biaya studi, biaya penerbangan, biaya hidup, sponsor visa pelajar Inggris, dan dana atau fasilitas untuk tempat tinggal. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi adalah recommendation letters, motivation letters, proposal penelitian atau rencana studi, serta sertifikat bahasa Inggris.

TS bisa segara menyiapkan seluruh persyaratannya, karena program ini akan dibuka pada Agustus 2023 untuk angkatan 2024-2025.

Source: https://daadscholarship.com/chevening-scholarships-2024-application-process-explained/

LPDP: SPECIALIST AND SUBSPECIALIST DOCTOR SCHOLARSHIPS 2023

LPDP menyediakan wadah khusus untuk mendukung ketersediaan SDM Dokter Spesialis, Dokter Subspesialis, dan Dokter Gigi Spesialis yang lebih unggul. Ada 3 komponen dana yang akan didapatkan oleh penerima beasiswa, yakni dana pendidikan, dana pendukung, dan dana tambahan. Terdapat puluhan program studi spesialis dan subspesialis yang dapat dipilih sesuai dengan minat calon penerima beasiswa. Proses seleksi yang harus dijalani oleh peserta adalah seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan seleksi substansi.

Untuk persyaratan dan dokumen pendukung dapat dilihat di https://lpdp.kemenkeu.go.id/storage/beasiswa/kebijakan-umum/file/public_policy_file_1674566931.pdf

Beasiswa Program Afirmasi Pendidikan Tinggi Tenaga Kesehatan (PADINAKES)

Beasiswa ini akan membantu putra putri Indonesia yang diutamakan berasal dari DTPK dan DBK untuk bisa mendapatkan pendidikan tinggi di Poltekkes (Politeknik Kesehatan) Kemenkes. Program ini sudah dimulai pada tahun 2021

Info lebih lanjut silakan cek website

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20230328/5042661/kemenkes-sediakan-2-500-beasiswa-kedokteran/

Leave a Reply